4 Mei 2011

Irama Hidup Tak Selamnya Harmoni

oleh : hen eska
Suasana sidang lanjutan di ruang Kresna Pengadilan Tipikor Daerah Bandung-Jawa Barat tiba-tiba riuh, bergemuruh dengan sesekali teriakan pengunjung yang hadir. Pengadilan kok mirip acara komedi?. Oh tidak bisa !. Kira-kira begitu kalau Sule, bintang komedian yang selalu hadir di layar kaca bersama OVJnya. Dalam benak pengunjung, pengdilan ini adalah ruang perlawanan. Menjaga semangat perlawanan dan melambungkannya tak perlu lagi melihat ruang itu fungsinya apa.

Adalah Mochtar Mohamad yang duduk dikursi pesakitan. Ini sidang kedua kalinya. Kali ini, ia membacakan eksespsi yang bermaterikan nota keberatan atas dakwaan JPU dalam sidang pertama sebelumnya. Mochtar Mohamad, biasa disapa M2 menyampaikan eksepsi dengan suara khasnya. Ritme membacanya seolah sangat familiar dimata pengunjung sidang yang memang sebagian adalah warga masyarakat Kota Bekasi, yang notabene adalah masyarakat yang dipimpinnya selama ini.


Keriuhan itu bermuaal dari pembacaan eksepsi. "Dakwaan JPU kabur, tidak cermat, dan untuk itu; Batal Demi Hukum", kata M2. Kalimat-kalimat penegasan inilah yang secara spontan direspon dengan teriakan semangat dari pengunjung sidang. Alhasil, majelis hakim memberi peringatan akan berlangsungnya sidang. "Mohon para pengunjung tertib", himbau ketu majelis hakim tipikor.

Selepas sidang, suasana kembali riuh. Kali ini M2 terlihat berkaca-kaca matanya. Sekalipun begitu, menyiratkan betapa ia ingin selalu dekat dengan masyarakatnya. Sebab itu, ia menemui secara terbuka para pendukungnya di LP Kebon Waru. Di Aula yang dapat menampung seluruh pendukungnya, ia menyampaikan kembali keyakinannya bahwa ia tak habis mengerti dengan dakwaan jaksa tentang jeratan hukum yang ditimpakan kepadanya selaku walikota Bekasi.

Lagi-lagi ia membesarkan hati pendukungnya. Bahwa ini resiko kepemimpinan. Ia tampak lebih tegar dari sebelumnya. Setidaknya, M2 lebih nyaman dan terlihat tanpa beban. Lebih-lebih di LP Kebon Waru ini ia akrab nyanyi dengan Ariel Peterpan yang tersandung kasus video mesum itu. 

Irama hidup seseorang memang tak selamanya harmoni. Seperti itulah keyakinan seorang M2

0 komentar:

Posting Komentar